Selasa, 05 Maret 2013

kisi-kisi usek IPA SMP 2013

PENJABARAN KISI-KISI UN KE DALAM KISI-KISI SOAL IPA(BIO)
N0
STANDAR KOMPETENSI   LULUSAN (SKL)
INDIKATOR SKL
INDIKATOR SOAL
No soal
9
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
21.    Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
·     Disajikan data bahan-bahan pada kemasan makanan, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif  pada makanan atau
·     Disajikan data bahan-bahan kimia, siswa dapat mengidentifikasi zat kimia  pada bahan pembersih/pewangi/
21
22.    Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
·     Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh zat adiktif  tertentu atau
·     Disajikan data gangguan pada organ, siswa dapat menentukan zat adiktif/psikotropika yang dikonsumsi sebagai penyebab gangguan
22
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
23.    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·     Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri  tersebut yang benar (ciri tumbuh dan berkembang )
·     Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri  tersebut yang benar (berkembangbiak )


23
24.    Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
·     Disajikan beberapa nama tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokannya atau
·     Disajikan beberapa nama hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokannya

24
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
25.    Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
·     Disajikan contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan  bentuk interaksi antar makhluk hidup(simbiosi komensalisme)
·     Disajikan contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan  bentuk interaksi antar makhluk hidup(simbiosi mutualisme)

25
26.    Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
·     Disajikan kasus pencemaran udara , siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasinya
·     Disajikan kasus pencemaran tanah , siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasinya
26
27.    Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
·     Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah , siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi  dengan kebutuhan air bersih  (dampak)
·     Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah , siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi  dengan kebutuhan makanan  (dampak)

27
12
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
28.    Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     Disajikan tabel ciri-ciri darah siswa dapat menentukan jenis darah dengan  benar 
·     Disajikan kasus, siswa dapat menentukan bagian sistem peredaran darah yang terganggu

28
29.    Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
·     Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan   fungsi enzim tertentu
·     Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzim  tertentu

29
30.    Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     Disajikan data proses pernafasan, siswa dapat menentukan fase terjadinya ekspirasi
·     Disajikan data 5 (lima)  penyakit , siswa dapat menentukan salah satu kelainan pada sistem pernafasan
30
·     Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak yang ditimbulkannya.
·     Disajikan gambar salah satu jenis otot, siswa dapat menentukan fungsi jenis otot tersebut.

31.          
32.    Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
·     Disajikan gambar penampang membujur ginjal, siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk
·     Disajikan gambar, siswa dapat menentukan satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia
32.          
33.    Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
·     Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk atau
·     Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk 
33.          
13
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
34.    Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
·     Disajikan gambar penampang melintang organ daun pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
·     Disajikan 5 (lima ) deskripsi suatu jaringan tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis jaringan tersebut

34.          
35.    Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·     Disajikan  pernyataan tentang respon tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai/benar.
·     Disajikan gambar tentang respon tumbuhan terhadap pengaruh cahaya matahari, siswa dapat menentukan responnya.

35.          
36.    Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
·     Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menentukankan tujuan dari salah satu tahapan tersebut atau
·     Disajikan gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menentukankan proses/hasil yang terjadi pada percobaan tersebut
36.          
14
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
37.    Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
·     Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri pertumbuhan dan perkembangan, siswa dapat menentukan ciri perkembangan pada makhluk
·     Disajikan data, siswa dapat menentukan faktor eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

37.          
38.    Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
·     Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan  bentuk adaptasi yang sesuai
·     Siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang mendukung seleksi alam.

38.          
39.    Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
·     Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrida  sampai F1, siswa dapat menentukan perbandingan fenotip F2
·     Disajikan tabel persilangan dihibrida , siswa dapat menentukan perbandingan genotype pada F-2 yang heterozygote penuh (BbMm)

39.          
40.    Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
·     Disajikan data nama-nama mikroba, siswa dapat menentukan mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi
·     Disajikan tabel, siswa dapat menentukan pasangan mikroba dan produk bioteknologi yang dihasilkan


40.          

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar