Mata Kuliah : Strategi Kognitif
Bobot : 3 SKS
Sifat : Tugas Terstruktur-2
Prodi : Magister Teknologi Pembelajaran
PTS : UNIPA Surabaya
SOAL:
1. Mengapa persepsi bersifat subyektif, dan bagaimana peranannya terhadap kualitas pembelajaran di dalam kelas?
2. Terdapat 3 aspek dalam persepsi, yaitu; (1) alat pencatat indera, (2) sistem pengenalan pola, dan (3) perhatian. Jelaskan bahwa ketiga aspek tersebut membentuk suatu sistem yang menentukan kualitas persepsi?
3. Upaya apa yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap pembelajaran? Jelaskan.
4. Salah satu ciri khas pencatatan indera ialah informasi yang diterima belum bermakna, sehingga sulit diingat. Jelaskan maksud tersebut, dan bagaimana cara mengubah menjadi bermakna untuk dapat diingat oleh siswa dalam pembelajaran?
5. Jelaskan teori di bawah ini ke dalam peristiwa pembelajaran:
a. Template-matching theory?
b. Prototype theory?
c. Distinctive-feature theory?
EmoticonEmoticon