DINAS PENDIDIKAN
Jln. Sunan Ampel
Kota PASURUAN
KISI-KISI DAN KARTU SOAL
TRY OUT UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Sekolah :
SMP/ MTs KOTA PASURUAN Alokasi waktu : 120 menit
Mata pelajaran : IPA Jumlah
soal : 40
Kurikulum : 2006/2013
(irisan) Bentuk
soal/tes : 40 PG
Semester : I - 9 Penyusun : MGMP IPA
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator soal
|
|
1
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang gejala alam
biotic dan abiotik
|
Makhluk
hidup dan lingkungannya
|
Siswa dapat menentukan gejala alam biotik atau abiotik
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan ciri-ciri/karateristik makhluk hidup
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidupk
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang keragaman
pada sistem organisasi kehidupan
|
|
Siswa dapat menjelaskan urutan tingkat organisasi
kehidupan
|
|
|
3.Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta
pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
Objek IPA
dan Peng-amatannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi
jenis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
|
|
|
3.Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta
pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
Objek IPA
dan Peng-amatannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi
jenis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menerapkan penggunaan alat untuk mngenal gejala-gejala kehidupan
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menerapkan penggunaan alat untuk mngenal gejala-gejala kehidupan
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menerapkan
prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menerapkan
prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang sistem gerak
pada manusia
|
Sistem gerak pada manusia
|
Disajikan gambar bagian
tulang,Siswa dapat
Menjelaskan system gerakpada manusia
|
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak yang
ditimbulkannya..
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang sistem
pencernaan pada manusia
|
Sistem pencernaan pada manusia
|
Disajikan gambar,Siswa
dapatMenjelaskan
system pencernaandanenzim-enzim yang berperandalam proses pencernaan
|
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar organ pencernaan siswa dapat menentukan fungsi enzim dalam proses
pencernaan makanan
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang sistem
peredaran darah pada manusia
|
Sistem peredaran darah
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan
data siswa dapat menyebutkan perbedaan sel darah merah dan sel darah putih
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang sistem
pernapasan pada manusia
|
Sistem pernapasan pada manusia
|
Disajikan data organ
pernapasan,siswa dapat Menjelaskan system pernapasanpadamanusia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang sistem
ekskresi pada manusia
|
Sistem ekskresi
|
Disajikan
Gambar Ginjal ,Siswa Menjelaskan
system ekskresi/reproduksipadamanusia/penyakit yang berhubungandengannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang jaringan
tumbuhan
|
Jaringan tumbuhan
|
Disajikan
gambar jaringan tumbuhan dan stomata
tumbuhan,siswa dapat menentukan fungsi jaringan tumbuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang jaringan
tumbuhan
|
Jaringan tumbuhan
|
Disajikan
gambar jaringan tumbuhan dan stomata tumbuhan,siswa
dapat menentukan fungsi jaringan tumbuhan
|
|
|
|
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang jaringan tumbuhan
|
Jaringan tumbuhan
|
Disajikan
gambar jaringan tumbuhan dan stomata
tumbuhan,siswa dapat menentukan fungsi jaringan tumbuhan
|
|
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1 Memahamireproduksipadatumbuhandanhewan,
sifatketurunan, sertakelangsunganmakhlukhidup
|
SistemReproduksiTumbuhandanHewan
|
Siswa dapat menjelaskan
pengaruh kemampuan reproduksi terhadap kelangsungan hidup organisme
|
|
|
Memahamidanmenerapkanpengetahuan
(faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
|
3.2
Mendeskripsikanpenyebabperkembanganpendudukdandampaknyabagilingkungan
|
Perkembangan
Penduduk dan Dampak Lingkungan
|
a.siswa dapat dapat
memprediksi faktor-faktor yang mempengaruhi kepadatan populasi
b.siswa dapat memprediksi
kepadatan populasi manusia di suatu wilayah
|
|
|
Mengaplikasikan pemahaman tentang pencemaran
lingkungan
|
16. Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang pencemaran lingkungan .
|
pencemaran lingkungan
|
Siswa mampu
mengaplikasikan pengetahuann dan pemahaman tentang cara mengatasi pencemaran
lingkungan.
|
|
|
Mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
tentang kelangsungan hidup organism m,elalui kemampuan bereproduksi.
|
17. Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang kelangsungan hidup organism m,elalui kemampuan
bereproduksi.
|
Kelangsungan hidup organism melalui kemampuan
bereproduksi
|
· Disajikan gambar
hydra/ubur-ubur siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya.
|
|
|
Menganalisis pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungannya
|
18. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas
lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
|
Pengaruh kepadatan populasi manusia
|
· Disajikan grafik
hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan ketersidiaan udara/air bersiah siswa dapat memberikan argument
hubungan antara keduanya.
|
|
|
Menganalisis pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungannya
|
18. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas
lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
|
Pengaruh kepadatan populasi manusia
|
· Disajikan grafik
hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan ketersidiaan udara/air bersiah siswa dapat memberikan argument
hubungan antara keduanya.
|
|
|
·
|
||||
|
Memprediksi
tentang kelainan dan penyakit pada system reproduksi manusia
|
20.
Mampu menprediksi tentang kelainan dan penyakit pada system
reproduksi manusia.
|
Kelainan dan penyakit pada system reproduksi
manusia
|
· Siswa dapat menentukan
penyebab terjadinya kelainan pada organ reproduksi manusia.
|
|
|
.Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta
pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
|
Objek IPA
dan Peng-amatannya
|
Siswa dapat
menerapkan
pembacaan
alat ukur untuk
menentukan
hasil
pengukuran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengelompok
kan besaran
fisika dengan
satuan dan
alat ukurnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5 Memahami
karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat
dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
KONSEP ZAT
|
Siswa dapat
menghitung
Massa jenis
zat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Konsep
zat
|
Siswa dapat
mengidentifikasi sifat fisika dan sifat kimia suatu zat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.7.Mendiskripsikan zat aditif (alami dan buatan)dalam makanan dan minuman
( segar dan dalam kemasan ) dan zat
adiktif psikotropika serta pengaruhnya terhadap Kesehatan.
|
Kosep
zat
|
Siswa dapat
menunjukkan zat aditif makanan dalam suatu produk makanan dan minuman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.5 memahami karakteristik zat,serta perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
Partikel Zat
|
Siswa dapat
mengklasifikasikan unsur molekul senyawa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.9
Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
|
Pencemaran
|
Disajikan table mengenai kualitas udara, siswa
diminta untuk mengidentifikasi mengenai dampak pencemaran udara yang terjadi
|
|
|
|
|
|
Disajikan masalah mengenai kenaikan suhu bumi, siswa
dapat menyebutkan sebab akibat kenaikan suhu bumi
|
|
|
|
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
Campuran
|
Disajikan informasi mengenai permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari, siswa dapat memprediksi hasil percobaan pada campuran.
|
|
|
|
|
|
Disajikan informasi mengenai peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari, siswa dapat memprediksi hasil peristiwa tersebut.
|
|
|
|
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
Larutan
|
Siswa dapat
menyimpulkan data percobaan larutan asam, basa atau netral
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menyimpulkan data percobaan larutan asam, basa atau netral
|
|
|
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan
pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk
hidup dangerak benda dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Gerak lurus
|
Siswa dapat
mengidentifikasi GLB dan GLBB
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi GLB dan GLBB
|
|
|
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan
pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk
hidup dangerak benda dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Hukum Newton
|
Disajikan gambar mengenai seseorang yang
menaiki kendaran secara tiba-tiba dihentikan, siswa dapat menjelaskan
fenomena tersebut berdasarkan hukum I newton.
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar mengenai Bus yang berbelok tajam secara tiba-tiba dihentikan, siswa dapat menjelaskan fenomena tersebut
berdasarkan hukum I newton.
|
|
|
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan
pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk
hidup dangerak benda dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Usaha dan Energi
|
Disajikan gambar suatu benda yang ditarik dengan 2
buah gaya, siswa dapat menghitung gaya yang dibutuhkan untuk membuat benda
berpindah
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar mengenai peristiwa usaha yang
dilakukan, siswa dapat menghitung besarnya usaha yang diperlukan untuk mengangkat
suatu benda
|
|
|
|
.5Mendeskrip- sikan
kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan
kerja otot pada struktur rangka manusia
|
Pesawat sederhana
|
Siswa dapat
menghitung besaran pada pesawat sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.7. Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam mekanisme menjaga
|
Suhu dan kalor
|
Siswa dapat
menerapkan persamaan korversi suhu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
.8. Memahami tekanan pada zat cair
dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari
Untuk menjelaskan tekanan darah,difusi pada
peristiwa respirasi dan tekanan osmosis
|
Tekanan
|
Siswa dapat
menerapkan persamaan tekanan hidrostatis, dan hukum Pascal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi,
bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi,
orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di
bumi
|
Tata Surya
|
siswa dapat
mengklasifikasi data yang termasuk rotasi bumi
|
|
|
|
|
|
Disajikan
data, siswa dapat mengklasifikasi data yang termasuk rotasi bumi
|
|
|
|
3.10 Memahami
konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam
sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Getaran
dan gelombang
|
Siswa dapat
menghitung besaran terkait peristiwa getaran dan gelombang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bunyi
|
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menunjukkan sifat-sifat gelombang bunyi
|
|
|
|
3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, dan
prinsip kerja alat optic
|
Optik
|
Siswa dapat
menghitung kekuatan lensa
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menghitung kekuatan lensa
|
|
|
|
3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik,
potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan
contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
|
Listrik dan Magnet
|
Siswa dapat
menghitung energi listrik
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menghitung energi listrik
|
1 komentar:
Write komentarMohon semua siswa mempelajari dengan seksama...dan semoga sukses, belajar yg rajin raih cita-cita
ReplyEmoticonEmoticon