PENJABARAN KISI-KISI UN KE DALAM KISI-KISI SOAL IPA(BIO)
N0
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
INDIKATOR
SKL
|
INDIKATOR
SOAL
|
No
soal
|
9
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
21.
Menjelaskan bahan kimia
dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
|
·
Disajikan
data bahan-bahan pada
kemasan makanan, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif pada makanan atau
·
Disajikan
data bahan-bahan kimia, siswa dapat mengidentifikasi zat kimia pada bahan
pembersih/pewangi/
|
21
|
22.
Menjelaskan zat
adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
|
·
Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri pengaruh zat adiktif tertentu atau
·
Disajikan data gangguan pada organ, siswa dapat menentukan
zat adiktif/psikotropika yang dikonsumsi sebagai penyebab gangguan
|
22
|
||
10
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
23.
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
·
Disajikan gambar ciri
mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut yang benar (ciri tumbuh dan
berkembang )
·
Disajikan gambar ciri
mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut yang benar (berkembangbiak )
|
23
|
24.
Mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
·
Disajikan beberapa nama tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokannya atau
·
Disajikan beberapa nama hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokannya
|
24
|
||
11
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar
makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
25.
Menjelaskan interaksi
antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
·
Disajikan contoh pola
interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan
bentuk
interaksi antar makhluk hidup(simbiosi komensalisme)
·
Disajikan contoh pola
interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan
bentuk
interaksi antar makhluk hidup(simbiosi mutualisme)
|
25
|
26.
Menjelaskan usaha-usaha
manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
·
Disajikan kasus
pencemaran
udara , siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasinya
·
Disajikan kasus
pencemaran
tanah , siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasinya
|
26
|
||
27.
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan
berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
|
·
Disajikan
grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah ,
siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi dengan kebutuhan air bersih (dampak)
·
Disajikan
grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah ,
siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi dengan kebutuhan makanan (dampak)
|
27
|
||
12
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
28.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang
berhubungan dengannya.
|
·
Disajikan
tabel ciri-ciri darah siswa dapat menentukan jenis darah dengan benar
·
Disajikan kasus, siswa dapat menentukan bagian
sistem peredaran darah yang terganggu
|
28
|
29.
Menjelaskan sistem
pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
· Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan fungsi enzim tertentu
· Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzim tertentu
|
29
|
||
30.
Menjelaskan sistem
pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
· Disajikan data
proses pernafasan, siswa dapat menentukan fase terjadinya
ekspirasi
· Disajikan data 5
(lima) penyakit , siswa dapat
menentukan salah satu kelainan pada sistem pernafasan
|
30
|
||
·
Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak
yang ditimbulkannya.
·
Disajikan gambar salah satu
jenis otot, siswa dapat menentukan fungsi jenis otot tersebut.
|
31.
|
|||
32.
Menjelaskan
sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya. |
· Disajikan gambar penampang membujur ginjal, siswa dapat
menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk
· Disajikan
gambar, siswa dapat menentukan satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia
|
32.
|
||
33.
Menjelaskan
sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
· Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk atau
· Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat
menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
|
33.
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan
tumbuhan
|
34.
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
|
· Disajikan gambar penampang melintang organ daun pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian
yang ditunjuk
· Disajikan
5 (lima ) deskripsi suatu jaringan tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis
jaringan tersebut
|
34.
|
35.
Menjelaskan
respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
· Disajikan
pernyataan tentang respon tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat
menentukan pernyataan yang sesuai/benar.
· Disajikan
gambar tentang respon tumbuhan terhadap pengaruh cahaya matahari, siswa dapat
menentukan responnya.
|
35.
|
||
36.
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
· Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menentukankan tujuan dari salah satu tahapan tersebut atau
· Disajikan gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menentukankan proses/hasil yang terjadi pada
percobaan tersebut
|
36.
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta
kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
37.
Menjelaskan
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
|
· Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri pertumbuhan
dan perkembangan, siswa dapat menentukan ciri perkembangan pada makhluk
· Disajikan
data, siswa dapat menentukan faktor eksternal/internal yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan
|
37.
|
38.
Memberi
contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
· Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa
dapat menentukan bentuk adaptasi yang
sesuai
· Siswa
dapat menyebutkan factor-faktor yang mendukung seleksi alam.
|
38.
|
||
39.
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
· Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrida sampai F1, siswa dapat menentukan perbandingan fenotip F2
· Disajikan
tabel persilangan dihibrida , siswa dapat menentukan perbandingan genotype
pada F-2 yang heterozygote penuh (BbMm)
|
39.
|
||
40.
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
· Disajikan
data nama-nama mikroba, siswa dapat menentukan mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi
· Disajikan
tabel, siswa dapat menentukan pasangan mikroba dan produk bioteknologi yang dihasilkan
|
40.
|
EmoticonEmoticon