KISI-KISI ULANGAN
AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran :
IPA ( FISIKA )
Kelas :
9 ( Sembilan )
Alokasi Waktu :
120 Menit
Jumlah Soal :
40 Soal
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
SOAL PILIHAN GANDA
NO
|
STANDARD
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
NO SOAL
|
TINGKAT
KESUKARAN
|
SKOR
|
1
|
Memahami konsep kelistrikan dan penera-
|
3.1
Mendiskripsikan muatan lintrik un
|
* Disajikan gambar atom siswa dapat
|
Listrik Statis
|
1
|
Md
|
2,5
|
|
Pannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tuk memahami gejala-gejala listrik
|
menentukan
jumlah proton,neutron
|
|
|
|
|
|
|
Statis serta
kaitannya dalam kehidu
|
dan
elektron
|
|
|
|
|
|
|
Pan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Disajikan gambar siswa dapat memilih
|
|
2
|
Md
|
2,5
|
|
|
|
gambar yang
menyatakan distribusi mua
|
|
|
|
|
|
|
|
tan listrik
pada benda yang benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Siswa dapat
menjelaskan proses terjadi
|
|
3
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
nya muatan
listrik pada benda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Disajikan gambar interaksi 4 buah ben
|
|
4
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
da
bermuatan yang saling didekatkan,sis
|
|
|
|
|
|
|
|
wa dapat menetukan jenis muatan lis
|
|
|
|
|
|
|
|
trik dari
masing-masing benda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Siswa dapat menjelaskan hubungan anta
|
|
5
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
ra jarak dan
muatan dengan besar gaya
|
|
|
|
|
|
|
|
listrik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Menganalisa percobaan listrik Di
|
*Disajikan
gambar rangkaian listrik sis
|
Rangkaian
|
9
|
Md
|
2,5
|
|
|
Namis
dalam suatu rangkaian serta
|
wa dapat
memilih pemasangan ampere
|
Listrik
|
|
|
|
|
|
Penerapannya dalam kehidupan se
|
meter dan
voltmeter yang benar
|
|
|
|
|
|
|
Hari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Disajikan grafik hasil percobaan HK.
|
|
10
|
Sk
|
2,5
|
|
|
|
Ohm ,siswa
dapat menentukan besar
|
|
|
|
|
|
|
|
hambatannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Disajikan gambar rangkaian hambatan
|
|
11
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
seri dan
paralel siswa dapat menentukan
|
|
|
|
|
|
|
|
besar hambatan
penggantinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Disajikan gambar rangkaian yang menun
|
|
12
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
Jukkan jalannya
arus listrk,siswa dapat
|
|
|
|
|
|
|
|
menentukan
besar arus pada salah satu
|
|
|
|
|
|
|
|
Cabang jika
cabang yang lain diketahui
|
|
|
|
|
|
|
|
( penerapan Hk.
Kirchoff)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang
|
|
13
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
mempengaruhi
besarnya hambatan pa
|
|
|
|
|
|
|
|
da kawat
penghantar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Disajikan gambar rangkain dua lampu
|
|
14
|
Sk
|
2,5
|
|
|
|
dan
amperemeter dengan pembacaanya
|
|
|
|
|
|
|
|
siswa dapat
menentukan besar tegangan
|
|
|
|
|
|
|
|
nya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Disajikan gambar rangkaian listrik de
|
|
15
|
Sk
|
2,5
|
|
|
|
ngan dua
hambatan secara seri, siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
dapat
menentukan besar tegangan pada
|
|
|
|
|
|
|
|
salah satu
hambatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Mendiskripsikan kerja elemen dan
|
*Siswa dapat menjelaskan arah arus listrik
|
Sumber Arus
|
6
|
Md
|
2,5
|
|
|
Arus
listrik yang ditimbulkannya
|
|
Listrik
|
|
|
|
|
|
Dalam
kehidupan sehari-hari
|
*Siswa dapat mejelaskan kelemahan dari
|
|
7
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
elemen Volta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Disajikan gambar baterai carbon seng
|
|
8
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
siswa dapat
menyebutkan salah satu
|
|
|
|
|
|
|
|
bagiannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4. Mendiskripsikan hubungan energi
|
*Siswa dapat menjelaskan cara-cara meng
|
Energi dan Da
|
16
|
Md
|
2,5
|
|
|
dengan
daya listrik,serta peman
|
hemat energi
listrik
|
ya Listrik
|
|
|
|
|
|
faatannya
dalam kehidupan seha
|
|
|
|
|
|
|
|
Ri-hari
|
*Siswa dapat menghitung besar energi ka
|
|
|
|
|
|
|
|
lor pada
peralatan eleektronik jika dike
|
|
17
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
tahui
tegangan,arus dan waktunya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Siswa dapat menghitung besar daya pada
|
|
18
|
Sk
|
2,5
|
|
|
|
sebuah pemanas jika diketahui besar
|
|
|
|
|
|
|
|
energi yang
terserap dan waktu pemakai
|
|
|
|
|
|
|
|
annya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Disajikan tabel peralatan elektronik da
|
|
19
|
Sk
|
2,5
|
|
|
|
lam rumah
tangga beserta daya dan wak
|
|
|
|
|
|
|
|
tu
pemakaiannya, siswa dapat menentu
|
|
|
|
|
|
|
|
kan peralatan
yang menggunakan energi
|
|
|
|
|
|
|
|
listrik paling
besar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*Siswa dapat menghitung biaya pemakai
|
|
20
|
Sd
|
2,5
|
|
|
|
an energi
listrik dalam satu bulan,jika di
|
|
|
|
|
|
|
|
ketahui daya
dan waktu pemakaiannya
|
|
|
|
|
|
|
|
Beserta tarif
per Kwh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
EmoticonEmoticon