kISI-KISI UAS IPA FISIKA 2013

KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Mata Pelajaran              : IPA ( FISIKA )
Kelas                             : 9 ( Sembilan )
Alokasi Waktu              : 120 Menit
Jumlah Soal                   : 40 Soal
Bentuk Soal                  : Pilihan Ganda


SOAL PILIHAN GANDA

NO
STANDARD KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
NO SOAL
TINGKAT KESUKARAN
SKOR
1
Memahami konsep kelistrikan dan penera-
3.1 Mendiskripsikan muatan lintrik un
* Disajikan gambar atom siswa dapat
Listrik Statis
1
Md
2,5

Pannya dalam kehidupan sehari-hari
      Tuk memahami gejala-gejala listrik
   menentukan jumlah proton,neutron






     Statis serta kaitannya dalam kehidu
   dan elektron






     Pan sehari-hari








*Disajikan gambar siswa dapat memilih

2
Md
2,5



  gambar yang menyatakan distribusi mua







  tan listrik pada benda yang benar















*Siswa  dapat menjelaskan proses terjadi

3
Sd
2,5



  nya muatan listrik pada benda















* Disajikan gambar interaksi 4 buah ben

4
Sd
2,5



   da bermuatan yang saling didekatkan,sis







   wa dapat menetukan jenis muatan lis







   trik dari masing-masing benda















*Siswa dapat menjelaskan hubungan anta

5
Sd
2,5



  ra jarak dan muatan dengan besar gaya







  listrik














3.2 Menganalisa percobaan listrik Di
 *Disajikan gambar rangkaian listrik sis
Rangkaian
9
Md
2,5


      Namis dalam suatu rangkaian serta
   wa dapat memilih pemasangan ampere
Listrik





      Penerapannya dalam kehidupan se
   meter dan voltmeter yang benar






      Hari-hari








*Disajikan grafik hasil percobaan HK.

10
Sk
2,5



  Ohm ,siswa dapat menentukan besar







  hambatannya















*Disajikan gambar rangkaian hambatan

11
Sd
2,5



  seri dan paralel siswa dapat menentukan







  besar hambatan penggantinya















*Disajikan gambar rangkaian yang menun

12
Sd
2,5



  Jukkan jalannya arus listrk,siswa dapat







    menentukan besar arus pada salah satu







    Cabang jika cabang yang lain diketahui







    ( penerapan Hk. Kirchoff)















* Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang

13
Sd
2,5



   mempengaruhi besarnya hambatan pa







   da kawat penghantar















* Disajikan gambar rangkain dua lampu

14
Sk
2,5



   dan amperemeter dengan pembacaanya







   siswa dapat menentukan besar tegangan







   nya















*Disajikan gambar rangkaian listrik de

15
Sk
2,5



  ngan dua hambatan secara seri, siswa







  dapat menentukan besar tegangan pada







  salah satu hambatan






































3.3 Mendiskripsikan kerja elemen dan
*Siswa dapat menjelaskan arah arus listrik
Sumber Arus
6
Md
2,5


      Arus listrik yang ditimbulkannya

Listrik





      Dalam kehidupan sehari-hari
*Siswa dapat mejelaskan kelemahan dari

7
Sd
2,5



   elemen Volta















*Disajikan gambar baterai carbon seng

8
Sd
2,5



  siswa dapat menyebutkan salah satu







  bagiannya














3.4. Mendiskripsikan hubungan energi
*Siswa dapat menjelaskan cara-cara meng
Energi dan Da
16
Md
2,5


        dengan daya listrik,serta peman
   hemat energi listrik
ya Listrik





       faatannya dalam kehidupan seha







       Ri-hari
*Siswa dapat menghitung besar energi ka







  lor pada peralatan eleektronik jika dike

17
Sd
2,5



  tahui tegangan,arus dan waktunya















*Siswa dapat menghitung besar daya pada

18
Sk
2,5



  sebuah  pemanas jika diketahui besar







  energi yang terserap dan waktu pemakai







  annya















*Disajikan tabel peralatan elektronik da

19
Sk
2,5



  lam rumah tangga beserta daya dan wak







  tu pemakaiannya, siswa dapat menentu







  kan peralatan yang menggunakan energi







  listrik paling besar















*Siswa dapat menghitung biaya pemakai

20
Sd
2,5



   an energi listrik dalam satu bulan,jika di







   ketahui daya dan waktu pemakaiannya







   Beserta tarif per Kwh













Share this

Related Posts

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng